1.2.a.4.1. Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Modul 1.2

 

1.2.a.4.1. Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Modul 1.2

    Guru Penggerak merupakan salah satu wadah bagi saya dalam mengembangkan diri, dalam menggerakan suatu perubahan dan perbaikan yang merupakan dari eksistensi penyesuaian diri terhadap perubahan itu sendiri. dunia terus berubah, digital juga berkembang bahkan sekarang sudah memasuki pada tahap 5.0 dimana memanusiakan manusia adalah bagian dari gerakan kepedulian terhadap ekosistem lingkungan, bahwa manusia itu sendiri yang akan mengambil manfaatnya . dan begitu seterusnya. 

    adalah dengan mempersiapkan generasi-generasi berikutnya tugas dan peran guru dalam menghadirkan benih-benih untuk masa depan yang bisa sesuai dengan kodratnya, sesuai dengan fitrahnya. melahirkan generasi-generasi yang merdeka dalam menjalani kehidupan, yang merdeka dalam menuntut ilmu, yang lebih memberikan ruang eksplorasi dalam belajarnya sehingga mereka mendapatkan pengalaman belajar yang mampu menjadikan mereka lebih kreatif, lebih inovatif, terbuka dengan perbedaan serta tidak kehilangan identitas kebangsaannya. 

     Dengan menggerakan kembali apa yang hilang setelah pandemi kemarin dimana ada fase yang hilang (lost learning) apa yang sudah terbangun sebelumnya seperti : budaya saling menyapa, saling senyum, dan saling berkumpul agar tercipta keharmonisan satu sama lain. bukan itu saja pembiasaan disiplin positif dapat dihadirkan kembali sebagai upaya pembentukan karakter siswa yang memiliki kecakapan, ketangkasan, dan keteladanan seperti Upacara Bendera baik setiap hari senin maupun peringatan hari besar negara.

    inilah tugas guru, memberikan dan menghadirkan pembelajaran yang mampu menuntun siswa agar dapat melewatkan pembelajaran yang mengangkat diri mereka, yang mampu membuat mereka mengambil keputusan secara tepat di situasi yang tepat, pembelajaran yang mampu membuat mereka bisa membuka kehidupan bagi orang lain sehingga keberadaannya, kepintarannya yang sesuai dengan minat bakatnya dapat bermanfaat bagi orang lain. 

demikian yang bisa saya share mengenai konsep pembelajaran yang merdeka. 

ada beberapa kegiatan yang bisa menghadirkan peran saya sebagai Guru penggerak d lingkungan sekolah 

1. Kegiatan Literasi yang merupakan bagian dari upaya meningkatkan kapasitas intelektual baik siswa dan guru.

2. Menerapkan sistem poin sebagai basic pembentukan karakter siswa yang mampu merangkum capaian self regulasi.

3. Pembelajaran diskusi interakstif yang menghadirkan topik pembelajaran HOTS dimana mengangkat sebuah studi kasus dari materi ajar dikelas.

4. pembiasaan disiplin positif dengan melakukan apel pagi, sholat berjamaah, dan upacara bendera. untuk membentuk karakter tangguh, sigap,dan mental yang kuat. 

5. Hiking, merupakan sarana belajar siswa melalui alam sebagai pembentukan karakter yang memiliki makna daya juang, kolaboratif, kepemimpinan, dan kepatuhan, serta nilai lainnya yang bisa membuat karakter siswa menjadi seseorang yang merdeka.

6. pembelajaran Projek dimana siswa akan merasakan pengalaman belajar praktik baik melakukan sebuah eksplorasi belajar yang menghasilkan sebuah produk atau jasa, dimana pengalaman belajarnya menjadi sebuah moment seperti, kerja sama, menghargai perbedaan pendapat, kebhinekaan, dan mengangkat tema-tema yang mendukung kehidupan sehari-hari. 

7. gerakan donasi jumat. dimana sebuah moment pembelajaran yang mampu mengasah kepedulian sosial yang dikemas secara kolektif sehingga kebermanfaatannya lebih menjangkau ke berbagai kalangan. 

8. Class Meeting. ini merupakan salah satu bentuk gerakan yang juga mengahdirkan suasana belajar menyenangkan dan menghadirkan sportifitas tinggi, karena dikemas setelah kegiatan ujian. bentuknya bisa bermacam-macam namun dimanfaatkan untuk salah satu eksplorasi diri bagi siswa secara random.

9. Menjadi pembina Apel pagi dengan menggunakan bahasa asing. melatih kemampuan public speaking yang mampu membuat siswa lebih percaya diri.

10. Tutorial belajar sebaya, dimana mereka yang memiliki kecerdasan lebih mau berbagi dalam menjelaskan pelajaran di kelas ke sessama temannya. sehingga hadir kerja sama dalam belajar terciptakan kebersamaan dalam pembelajaran.

 Demikian sebuah peran yang saya lakukan peran saya sebagai guru penggerak dalam menggerakan perubahan yang lebih baik. 

Komentar