KONEKSI ANTAR MATERI kesimpulan dan refleksi modul

 

1.   Apa yang Anda percaya tentang murid dan pembelajaran di kelas sebelum Anda  mempelajari modul 1.1?

Peserta didik adalah sebuah amanah yang harus di emban oleh seorang guru ,menanggung sebuah tanggung jawab dunia dan akhirat. Dimana mereka adalah generasi-generasi penerus bangsa yang sudah memiliki karakter yang dengan ke khasan tersendiri. Sebagai pendidik saya bertugas mendidik mereka agar mampu menjadi manusia seutuhnya, menjadi manusia yang memiliki kadar keimanan yang tinggi namun juga mampu menjadi seseorang yang terampil, mandiri, sehingga mampu menjadikan diri serta keluarga dan bangsanya bangga memilikinya. Dengan kekuatannya siswa mampu melakukan perubahan, dengan kemauan yang kuat siswa mampu melakukan inovasi-inovasi, sehingga perubahan terus terjadi hingga akhir hayatnya.

2.  Apa yang berubah dari pemikiran atau perilaku Anda setelah mempelajari modul ini? 

     Lebih memberikan ruang kepada siswa untuk bereksplorasi dalam berinovasi sehingga dapat menyesuaikan dengan zamannya. Tetap menuntun siswa dan memberikan penebalan terhadap kodratnya, sehingga siswa memiliki pengalaman belajar yang bervariasi serta sesuai dengan minat dan bakatnya. Tidak lagi memaksakan kehendak pribadi yang cenderung membuat siswa tidak mengeluarkan potensinya. Menjadi tempat yang aman dan nyaman dalam interaksi, namun tetap pada proporsional sebagai guru, sebagai teman, dan sebagai orang tua.

3.  Apa yang dapat segera Anda terapkan lebih baik agar kelas Anda mencerminkan pemikiran KHD?

     1. Berusaha membangun empati terlebih dahulu terhadap peserta didik agar mereka dapat membangun chemistry dengan guru.

     2. Menggunakan metode pengajaran yang bervariasi sehingga siswa itu memiliki daya tarik yang tinggi.

    3. menuntun mereka secara konsisten agar mereka dapat memiliki karakter yang tangguh (mampu mengambil keputusan secara merdeka) secara tepat yang sesuai dengan agama, budaya sehingga identitas diri sebagai pelajar pancasila semakin kuat.



berikut adalah sebuah ilustrasi sebagai media pembelajaran sejarah di kelas yang memberikan ruang berpikir kritis berupa penalaran yang mampu mengembangkan kemampuan skolastiknya. 


 

Komentar