RANCANGAN AKSI NYATA MODUL 1.4

                            


       Gerakan Aksi Nyata

Judul Modul   : Literasi sebagai bentuk peningkatan kapasitas intelektual  siswa 

Nama              : Eka Fitrianingsih,S.Pd

v Latar Belakang

Indonesia merupakan negara besar yang memiliki keragaman yang luar biasa mulai suku, agama, bahasa, tarian, kuliner dan masih banyak lagi. Dengan keragaman inilah yang menjadi Indonesia merupakan negeri wonderland yang menarik banyak pihak, kekayaan sumber daya alam inilah Indonesia merupakan negeri yang kaya baik dengan SDA maupun dengan kekayaan budaya yang ada. Namun dibalik kekayaan yang dimiliki terdapat manusia-manusia yang akan melestarikan dan mempertahankan anugrah yang sudah diberikan. Namun pada realitanya Indonesia merupakan negara yang masih tertinggal, dan masih harus banyak berbenah diri. Kekayaan yang ada tidak membuat serta merta penduduk Indonesia menjadi kaum-kaum intelektual yang mampu memiliki pola pikir jangka panjang yang mampu melestarikan dan menyeseuaikan perkembangan zaman abad 21 yang sudah mengusung era digital 5.0.

Dengan kondisi yang demikian perlu di benahi salah satunya dalam dunia pendidikan di negara Indonesia. Seiring dengan perubahan sistem pendidikan yang dilakukan oleh Mas Nadhiem Makarim, mengenai konsep pendidikan merdeka belajar maka di sini saya selaku CGP ingin melakukan gerakan aksi nyata yang ingin menggerakan Literasi di sekolah sebagai salah satu bentuk peningkatan kapasitas intelektual. Karena dengan menggerakan literasi maka secara tidak langsung meningkatkan kapasitas soft skill yang  harus dimiliki oleh seorang siswa. Dalam menggerakan komponen literasi dibutuhkan beberapa pendukung dalam menghasilkan sebuah karya seperti Best Practise diantaranya 1) Kemampuan Observasi sebagai tema yang akan diangkat dalam menelaah sesuatu, 2) Kemampuan membuat instrumen pertanyaan pendukung yang akan digunakan dalam penyusunan draft artikel, 3) kemampuan Historiografi sebagai langkah akhir dari observasi. dari kegiatan inilah yang nantinya akan bermuara pada sebuah karya Literasi siswa.

Berdasarkan latar belakang itulah saya ingin menggerakan Gerakan Literasi sekolah yang tujuan utamanya adalah menghasilkan karya tulis siswa yang akan di bukukan dari hasil observasi siswa terhadap lingkungan sekitar sekolah. Dengan adanya hasil karya siswa ini akan di gunakan untuk menghimpun dana profit yang berakhir dengan donasi kemanusiaan. Jadi harapannya dengan gerakan Literasi ini memiliki tujuan diantaranya

v  Mengasah kemampuan publik speaking siswa

v  Mengasah kemampuan siswa dalam melakukan observasi lapangan

v  Mengasah kemampuan analisis siswa dalam kajian literatur

v  Mengasah kepedulian terhadap sesama dengan tata kelola modern

v  Mengasah kemampuan siswa dalam membuat instrumen penelitian

v  Mengasah kemampuan siswa dalam mengorganisir Donasi kemanusiaan secara elegan.

Ø Tujuan Kegiatan

Setelah saya menguraikan latar belakang kegiatan ada tujuan yang saya ingin capai dari gagasan gerakan Literasi ini  diantaranya dampak perubahan

ü Siswa senang akan membaca Buku konsep yang menambah wawasan berpikir

ü Siswa mampu menguraikan kalimat dalam tulisan sederhana

ü Siswa mampu menuangkan hasil analisis dalam media gambar atau tulisan sederhana

ü Siswa mampu mengorganisir di kalangan orang tua siswa dalam penggalangan Donasi secara elegan

ü Siswa mampu mengidentifikasi beberapa Kajian literatur dalam pelaksanaan standar proses Literasi

ü Siswa mampu berimajinasi dalam menulis hasil dari kegiatan obeservasi dan kajian literatur yang sudah dilakukan.

Ø Tolak Ukur keberhasilan kegiatan

Ada beberapa indikator bahwa rancangan kegiatan ini berhasil adalah dengan berjalannya :

*   Siswa dapat melakukan penentuan tema yang akan diangkat dalam penyusunan karya Best Practice

*   Siswa berhasil melakukan Observasi dengan tersusunnya instrumen pertanyaan untuk mendapatkan data yang dibutuhkan.

*   Siswa dapat menulis atau menggambarkan hasil penelusuran atau hasil observasi dan hasil kajian literatur

*   Siswa dapat Mengkomunikasikan ke pihakorang tua siswa untuk membeli hasil karyanya

*   Siswa bersama guru menyebarkan hasil karyanya baik berupa artikel ilmiah maupun berupa Karikatur ke berbagai media elektronik seperti Website sekolah, Lentera Mahardika, dan Mencetak buku yang profitnya akan digunakan untuk donasi kemanusiaan.

Ø Linimasa Kegiatan

16-30 Januari 2023 :  Penyusunan Modul kegiatan sebagai pedoman pelaksanaan

                                 :  Peyusunan Template Hasil Karya siswa

                                 :  Penyusunan Langkah-langkah Penulisan artikel

                                 :  Pembagian kelompok siswa berdasarkan tema

                                 :  Penyusunan Jadwal Observasi, Kajian Literatur

                                 :  Sosialisasi kegiatan dan pembagian tema karya

    : Pembentukan Tim Inti panitia kecil dan pembuatan Proposal kegiatan

1 Februari-15 Februari :  

·  Pelaksanaan Observasi masing-masing kelompok (pelaksanaan 5 orang per kelompok dengan 1 pendamping)

·  Pelaksanaan Kajian literatur oleh siswa di perpustakaan melalui Buku, situs google Scholaar.

·  Penyusunan Instrumen pertanyaan untuk observasi kegiatan

·  Tahap penulisan Hasil kajian literatur dan observasi yang dilakukan oleh siswa berupaa artikel sederhana secara klasikal menggunakan media Chrome Book

·   Evaluasi pencapaian pelaksanaan Project

 

16 Februari 2023 – 29 Februari 2023:

·  Penyelesaian Tahap penulisan artikel yang dilakukan siswa bersama guru pembimbing

·  Guru pembimbing mengecek hasil akhir karya artikel siswa

·  Proses pengajuan kebutuhan untuk percetakan buku berstandar ISBN dilakukan oleh Ketua pelaksana

·  Pencairan dana kegiatan untuk pembiayaan percetakan buku

·  Proses percetakan buku ke penerbit

·  Siswa melakukan penyebaran hasil karya ke beberapa media elektronik seperti WEBSITE sekolah dan Lentera Mahardika.

·  Melakukan lobi-lobi ke orang tua untuk menggerakan komunitas orang tua menggerakan orang tua kelas x-xi membeli buku hasil karya siswa

·  Melakukan rekayasa sosial yang melibatkan pemangku kebijakan dan orang tua dalam menggalang donasi kegiatan dari hasil profit Karya Best Practise siswa.

1 Maret 2023-10 Maret 2023

·  Proses penjualan Hasil Karya siswa ke kalangan Orang Tua

·  Mengkalkulasikan hasil penjualan Buku karya

·  Evaluasi pencapaian tahap akhir

·  Pembuatan Laporan kegiatan

 

Ø Dukungan yang dibutuhkan dalam pelaksanaan

o  Surat izin kegiatan dari Kepala Sekolah dan Pembentukan Tim Panitia

o  Dukungan dari pemangku Kebijakan berupa turut serta dalam pembuatan artikel

o  Dukungan Dana Operasional dan Support system

o  Surat izin kepala Desa untuk observasi

o  Jadwal penyesuaian kegiatan dari Waka kurikulum

o  Dukungan dari Persatuan Orang tua Murid dan Guru untuk menggerakan Komunitas Orang tua dalam menggalang dana donasi dengan penjualan Hasil karya.

 

 

Komentar